Wednesday, March 26, 2014

INDUKTIF

 NAMA  :YUDI HANDOKO
 KELAS  :3EA04
 NPM     :17211622

      3.1. Generalisasi

                        Adalah suatu proses penalaran yang bertolak dari sejumlah   fenomena individual (khusus) menuju kesimpulan umum yang mengikat       selutuh fenomena sejenis dengan fenomena individual yang diselidiki.
            Contoh : Tamara Bleszynski adalah bintang iklan, dan ia berparas cantik.
                           Nia Ramadhani adalah bintang iklan, dan ia berparas cantik.
            Generalisasi: Semua bintang sinetron berparas cantik. Pernyataan “semua    bintang sinetron berparas cantik” hanya memiliki kebenaran probabilitas           karena belum pernah diselidiki kebenarannya.
            Contoh kesalahannya: Omas juga bintang iklan, tetapi tidak berparas                                                           cantik.

            Macam-macam generalisasi :

            Generalisasi sempurna
                        Adalah generalisasi dimana seluruh fenomena yang menjadi dasar   penyimpulan diselidiki. Contoh: sensus penduduk

            Generalisasi tidak sempurna
                        Adalah generalisasi dimana kesimpulan diambil dari sebagian          fenomena yang diselidiki diterapkan juga untuk semua fenomena yang             belum diselidiki. Contoh: Hampir seluruh pria dewasa di Indonesia senang                                              memakai celana pantalon.

      3.2  Hipotesis dan Teori

                        Hipotesis adalah dugaan/ pernyataan sementara yang diungkapkan secara deklaratif/ yang menjadi jawaban dari sebuah permasalahan.    Pernyataan tersebut diformulasikan dalam bentuk variabel agar bisa di uji             secara empiris. Hipotesis merupakan identik dari perkiraan atau prediksi.     Dari sebuah hipotesis maka akan menimbulkan suatu prediksi, karena   prediksi adalah hasil yang diharapkan diperoleh dari hipotesis. Hipotesis             dapat diketahui jika telah melakukan suatu percobaan sehingga        mengetahui hasilnya. Salah satu langkah dalam penelitian menggunakan           metodo ilmiah adalah hipotesis. Seorang ilmuan/ peneliti haruslah    mempunyai kemampuan untuk memprediksi suatu permasalahan.            Mungkin anda sering mendengar mengenai perkiraan cuaca, perkiraan          iklim yang sering disiarkan di televise ataupun di radio, di internet dan       lain-lain. Itu dilakukan oleh para ahli meteorology, mereka dapat memprediksi/ memperkirakan cuaca yang akan terjadi di suatu daerah             pada suatu hari dengan cara melakukan observasi menggunakan      pengetahuan yang mereka miliki. Maka kemampuan memprediksi         merupakan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang ilmuan.

            Teori adalah sebuah sistem konsep abstrak yang mengindikasikan adanya   hubungan diantara konsep-konsep tersebut yang membantu kita memahami sebuah fenomena. Sehingga bisa dikatakan bahwa suatu teori    adalah suatu kerangka kerja konseptual untuk mengatur pengetahuan dan   menyediakan suatu cetak biru untuk melakukan beberapa tindakan       selanjutnya.

      3.3  Analogi

                        Analogi dalam ilmu bahasa adalah persamaan antar bentuk yang      menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk yang lain. Analogi merupakan            salah satu proses morfologi dimana dalam analogi, pembentukan kata baru     dari kata yang telah ada. Contohnya pada kata dewa-dewi, putra-putri,       pemuda-pemudi, dan karyawan-karyawati.

      3.4  Hubungan kausal

                        Hubungan sebab akibat / hubungan kausal ialah hubungan    keterkaitan atau ketergantungan dari dua realitas, konsep, gagaasan, ide,           atau permsalahan. Suatu kegiatan tidak dapat mengalami suatu akibat             tanpa disertai sebab, atau sebaliknya suatu kegiatan tidak dapat       menunjukkan suatu sebab bila belum mengalami akibat.
            Contoh hubungan kausal  :Kuberikan sedikit uang disakuku untuk membeli obat, ia menatap wajahku.. Menitikkan air mata lagi.. Ia   menangis karena senang mendapatkan uang untuk membeli obat dan           makanan untuk adik dan ibunya dirumah.
            Beberapa hari kemudian, aku bertemu dengan anak itu bersama ibunya di   pasar. Mereka menghampiriku,, memberiku sedikit makanan kecil sebagai      ungkapan terima kasih padaku karena telah membantu anak itu beberapa          hari yang lalu.
      3.5  Induksi dalam Metode Eksposisi

                        Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam       penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan        atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat,             dan padat. Karangan ini berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik    dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi    pembaca. Untuk memperjelas uraian, dapat dilengkapi dengan grafik,             gambar atau     statistik. Sebagai catatan, tidak jarang eksposisi ditemukan              hanya berisi uraian tentang langkah/cara/proses kerja. Eksposisi demikian            lazim disebut paparan proses.

SOAL

1.  Suatu proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fenomena individual     (khusus) menuju kesimpulan umum yang mengikat selutuh             fenomena        sejenis dengan fenomena individual yang diselidiki ialah pengertian       dari...
           
            A. Teori
            B. Generalisasi            (BENAR)
            C. Analogi
            D. Hipotesis

2.  Salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana        isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau         memberikan     pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat ialah             pengertian dari....

     A. Eksposisi    (BENAR)
     B. Analogi
     C. Hipotesis
     D. Teori

3.  Sebuah sistem konsep abstrak yang mengindikasikan adanya hubungan       diantara konsep-konsep tersebut yang membantu kita memahami sebuah         fenomena ialah pengertian dari...

   A. Analogi     
   B. Hipotesis
   C. Teori           (BENAR)
   D. Eksposisi

4. Dalam arti bahasa antar bentuk yang menjadi dasar terjadinya bentuk-         bentuk yang lain ialah pengertian dari?
     A.Analogi       (BENAR)
     B.Hipotesis
     C.Eksposisi
     D.Teori

5.    Pola penyusunan paragraf berupa perbandingan dari dua hal yang    mempunyai sifat sama disebut..

     A.  Hipotesis
     B. Teori
     C. Analogi       (BENAR)
     D. Induksi dalam Metode Eksposisi

No comments:

Post a Comment